RSS

Parwisata di kabupaten Probolinggo



Banyak teman-teman bertanya kepada saya, " di daerah probolinggo sebenarnya terdapat daerah pariwisata apa saja selain Gunung Bromo ? karena yang saya tahu cuma Gunung Bromo saja "


Oleh karena hal tersebut, saya akan mempostingkan daerah-daerah wisata yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Probolinggo. 

Saya akan menjelaskan tentang kabupaten probolinggo dan daerah pariwisata yang terdapat di kabupaten Probolinggo :

Kabupaten Probolinggo adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur Indonesia, kabupaten Probolinggo memiliki luas 1.696,166 Km persegi. kabupaten ini di kelilingi oleh Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan pegunungan Tengger. 


1. Madakaripura 

 

 

Adalah suatu tempat kunjungan wisata sakral berupa deretan Air Terjun yang sentralnya mencapai ketinggian sekitar 200 meter dari dasar jeram. Air yang jatuh itu melayang-layang sambil bercanda, berhamburan menari-nari kesana kemari, meluncur turun saling mendahului, kemudian jatuh ke dasar jeram menimbulkan irama yang gemuruh



Lokasi Madakaripura berada 620 meter diatas permukaan air laut dan terletak di kawasan tengger tidak jauh dari Bromo tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, agaknya alam menempatkan Madakaripura sebagai pelengkap Bromo. Kepayahan dan kepenatan sehabis medaki puncak Bromo, akan sirna dengan mandi Air Suci Tirta Sewana untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke obyek-obyek wisata lainnya dikawasan Probolinggo

2. Gunung Bromo



Gunung Bromo bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, tetapi sudah menjadi agenda kunjungan wisata bagi masyarakat dunia. Tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.

Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia yang terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa. Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal tingginya antara 200–700 meter.



Pintu gerbang utama menuju ke Laut Pasir dan Gunung Bromo melalui Cemorolawang. Kawasan ini merupakan daerah wisata yang paling ramai terutama pada hari libur. Beberapa aktivitas dapat dilakukan di daerah ini antara lain : berkemah, menikmati pemandangan alam, berkuda menuju Lautan Pasir atau berjalan kaki. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo dapat menaiki tangga yang telah disediakan. Kawah Gunung Bromo merupakan kawah yang menganga lebar

Pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo sangat indah dan menjadi daya tarik tersendiri dan untuk menikmatinya kita dapat berangkat dari Cemorolawang pada jam 04.00 WIB.

Untuk mencapai daerah Cemorolawang digunakan rute: Probolinggo – Tongas / Ketapang – Sukapura – Ngadisari kurang lebih berjarak 42 kilometer dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum sampai Ngadisari. Sedangkan dari Ngadisari – Cemorolawang kurang lebih 3 kilometer dapat berjalan kaki atau memakai kendaraan Jeep.

3. Gili Ketapang


Gili Ketapang adalah nama sebuah pulau yang terletak di lepas pantai utara Probolinggo. Kondisi pulau ini masih asri dan pemandangan alam disekitar pulau ini sangat indah.

Disebelah timur dan selatan pesisir pulau banyak betebaran pasir putih, demikian pula lautnya bebas dari pencemaran dan nampak kebiru-biruan, jika tidak lagi musim angin lautnya tenang, pengunjung bisa berenang bebas sambil melihat dasar laut yang ditumbuhi bunga-bunga karang yang indah berwarna-warni.
 

Pulau Gili Ketapang hanya berjarak 5 Mil dari Pelabuhan Ujung Tembaga, perjalanan menuju pulau ini sekitar 30 menit dengan naik perahu motor. Luas pulaunya sekitar 68 hektar dengan jumlah penduduk 7.600 jiwa, sebagian besar adalah suku Madura dan hamper 90 persen terdiri dari para nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil penangkapan hidupnya dari hasil penangkapan ikan di laut.




4. Bentar Indah
 
Bentar Indah adalah obyek wisata Pantai yang terletak di tepi jalan raya SurabayaBanyuwangi, termasuk wilayah Kecamatan Gending yang jaraknya 7 kilometer dari Kota Probolinggo, kearah timur. Obyek wisata ini sangat potensial mengingat lokasinya merupakan lintasan wisata dari Bali – Surabaya- Yogyakarta – Jakarta dan sebaliknya. 

Fasilitas di kawasan Pantai Bentar Indah yang semakin lengkap Karena letaknya yang sangat strategis, 

Kalau anda beruntung pada waktu-waktu tertentu (bulan januari-februari) akan muncul ikan Hiu Tutul di perairannya. Ikan Hiu Tutul ini jinak kepada pengunjung dan jumlahnya pun lebih dari 3 ekor jika muncul.















5. Jandi Jabung
















Candi Jabung Salah satu peninggalan sejarah dan purbakala di Probolinggo ialah Candi Jabung yang terletak di Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton.

Candi Jabung dibuat dari bahan batu merah dengan ukuran, panjang = 3,11 m, lebar = 9,58 m dan tinggi = 15,58 m. 


6. Arung Jeram
















Rafting di pekalen. Bagi para pecinta olahraga yang menantang, bukanlah tempat yang asing berarung jeram. Namun bagi yang belum pernah, rafting di sungai pekalen ini akan sangat sangat berkesan. Sungai pekalen terletak di Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang dan berakhir di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan atau Desa Condong, Kecamatan Gending Probolinggo Jawa Timur.
Dan masih banyak lagi tempat-tempat pariwisata yang ada di Probolinggo yang belum sempat kami muat. 

Sumber : Dinas Pariwisata Probolinggo.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Bur2016.blogspot.co.id mengatakan...

Numpang Komen Bro
Blog Bulan Ramadlan 2016 Kejar Keyword Bulan Ramadlan
Kontes SEO Terbaru 2015 Masih Dikuasai Website Judi - Bulan Ramadlan

Posting Komentar